Selasa, 01 Juni 2010

tugas ku


LAPORAN TUGAS MENGGUNAKAN ARC VIEW GIS

PENDAHULUAN

A.Pengertian Sistem Informasi Geografis

Istilah Sistem Informasi Geografis berasal dari terjemahan bahasa inggris “Geographical Information System”.SIG merupakan system informasi berbasis computer yang digunakan untuk mengolah dan menyimpan data atau informasi geografis .Secara umum pengertian SIG(Sistem Informasi Geografis) adalah suatu komponen yang terdiri dari perangkat keras,perangkat lunak,data geografis,dan sumberdaya manusia yang bekerja bersama secara efektif untuk memasukan, menyimpan, memperbaiki, memperbaharui, mengelola, memanipulasi, mengintegrasikan, menganalisa dan menampilkan data dalam suatu informasi berbasis geografis.SIG merupakan sistem informasi berbasis komputer yang digunakan untuk mengolah dan menyimpan data atau informasi geografis.SIG mempunyai kemampuan untuk kemampuan untuk menghubungkan berbagai data pada suatu titik tertentu di bumi,menggabungkannya,menganalisanya dan akhirnya memetakan hasilnya,

Sebenarnya apa itu Arcview Gis??Arcview adalah salah satu perangkat lunak yang paling popular dan paling banyak digunakan untuk mengolah data spasial. ArcView adalah salah satu software pengolah Sistem Informasi Geografik (SIG/GIS)yang merupakan suatu sistem yang dirancang untuk menyimpan, memanipulasi, menganalisis, dan menyajikan informasi geografi. Mungkin anda sudah kenal kenal dengan yang namanya peta. Perlu diketahui bahwa peta juga bisa disebut SIG atau istilahnya SIG Konvensional. Terdapat beberapa perbedaan antara peta di atas kertas (peta analog) dan SIG yang berbasis komputer. Perbedaannya adalah bahwa peta menampilkan data secara grafis tanpa melibatkan basis data. Sedangkan SIG adalah suatu sistem yang melibatkan peta dan basis data. Dengan kata lain peta adalah bagian dari SIG. Sedangkan pada ArcView anda dapat melakukan beberapa hal yang peta biasa tidak dapat melakukannya. Perbedaan pokok antara Peta Analog dengan ArcView adalah bahwa Peta itu statik sedangkan ArcView.adalah spasial.SIG adalah suatu kesatuan system yang bterdiri dari berbagai komponen,tidak hanya perangkat keras computer beserta perangkat lunaknya .Tetapi harus tersedia data geografis yang benar dan SDM untuk melaksanakan perannya dalam memformulasikan dan menganalisasinya.Sehingga keberhasilan suatu SIG dapat dtientukan.

B.Latar belakang

Di dalam Perencanaan Wilayah dan Kota,yang sangat mempengaruhi itu adalah space atau ruang.Karena nantinya akan diaplikasikan langsung dalam masyarakat luas yang dengan kata lain ruang atau tempat . Untuk itu diperlukan penguasaan di bidang teknologi computer yang berfungsi untuk mempermudah tugas para planner dalam penetuan space.Dan salah satu yang paling dibutuhkan itu adalah Arc View GIS .Gambaran ruang yang nantinya akan dibangun itu harus memiliki criteria yang sesuai,seperti wilayah yang telah lengkap administrasinya(meliputi batas wilayah,jalan,sungai,dll).Dan yang akan dibutuhkan dalam menggambarnya adalah Arc View GIS.

Penguasaan di bidang ini akan sangat membantu nantinya.Untuk itulah sebagai calon planner panting untuk mempelajari dan menguasai Arc View ini.Selain untuk mempermudah tugas nya kelak juga karena data yang dihasilkan akan lebih akurat(selain dari keuntungan yang telah diberitahukan pada pengertian Arc View).

C.Tujuan

Tugas ini bertujuan untuk :

1.mahasiswa dapat lebih ‘akrab’ atau lebih mengenal Arc View GIS.Karena software ini jarang digunakan orang awam,biasanya digunakan orang yang terjun di bidang tertentu seperti di dalam perencanaan wilayah dan kota.

2.membantu calon planner untuk untuk mengumpulkan data yang diperoleh dari titik titik di bumi ,menggabungkannya ,menganalisanya dan akhirnya memetakannya di software ini.

ALAT DAN BAHAN

v Alat yang dibutuhkan antara lain :

1.perangkat computer(CPU.monitor , mouse dan keyboard) 2.soft copy dari peta yang akan dikerjakan

2.Software Arc View GIS yang telah diinstal di laptop atau di komputer

v Bahan yang dipakai :

Bahan yang dibutuhkan adalah peta kampus UNDIP.

PROSEDUR ATAU TATA CARA PELAKSANAAN

Yang dilakukan dalam pengerjaannya atau pelaksanaannya adalah :

1.menampilkan tampilan Arcview GIS dengan cara mengklik Start→ all programs → arcview GIS 3.3(muncul lembaran kerja dari Arcview GIS 3.3).

2.Setelah dibuka akan muncul tampilan layar seperti di bawah ini :

Pada kotak dialog diatas Welcome to ArcView Gis,Arcview menanyakan apakah akan dibuat projek dengan membuka view kosong(with a new view).atau membuka program kosong tanpa membuka view(as blank project),atau mengambil project yang pernah disimpan(open an existing project).

3. Lalu buka peta kampus yang sudah di buat folder

4.lalu pilih fileàextensions

Klik digitizer,legend tool dan TIFF 6.0 Image support

5.Kemudian klik viewànew theme.

Nantinya pada tugas ini.ada lima theme.Yaitu kampus Undip(mencakup bangunan kampus di undip);bangunan ; tata guna lahan (tgl) yang mencakup sawah,ladang ,pemukiman dan ruang terbuka hijau ; sungai ; jalan ,dibagi atas jalan utama,local dan setapak .

6.Setelah thema dibuat maka di mulailah digitasi petanya.

Pada tahap pendigitasian dipakai fungsi-fungsi draw point, zoom out, zoom in, dan theme table.

7.Setelah membuat tema baru dan mulai mendigitasi dilihat di atribut tema nya. Pada atribut tema klik editàadd field lalu akan muncul kotak dialog seperti pada gambar berikut.Namanya diubah menjadi keterangan, typenya string.

Klik OK.

8.Keterangan atribut harus diisi sesuai dengan yang ada di peta.

9. Lalu setelah semua telah didigitasi akan tampak seperti pada gambar berikut yang tema kampus undipnya di non-aktifkan.

10. diberi layout pada peta kampus undip

KESIMPULAN DAN SARAN

A.Kesimpulan

Arcview adalah salah satu perangkat lunak yang paling popular dan paling banyak digunakan untuk mengolah data spasial. ArcView adalah salah satu software pengolah Sistem Informasi Geografik (SIG/GIS)yang merupakan suatu sistem yang dirancang untuk menyimpan, memanipulasi, menganalisis, dan menyajikan informasi geografi

Walaupun Arc View GIS itu unggul di banyak bidang,namun itu semua juga tergantung SDM yang menggunakannya.Keberhasilannya ditentukan oleh si pengguna dalam arti lain yaitu bagus buruknya itu tergantung dari si pengguna itu sendiri.

B.Saran

Dengan adanya program ini , kiranya para calon planner atau yang terjun di bidang ini dapat mempelajarinnya.Karena akan sangat membantu dalam mendigitasi peta.sehingga dihasilkan peta yang baru yang lebih baru dan sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Terlebih lagi yang terjun di Perencanaan Wilayah dan Kota agar lebih akrab dengan program ini.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

duh maap ya,bila gambarnya ga kluar..

aku juga gak tau napa bisa jd kaya gitu.jadi klo ganbarnya ntar da bisa masuk,tak buatin dah.
mohon arahannya ya bwt smuanya...

Inka Angela mengatakan...

masukin kenangan tentang pembuatan poster deh sis

RELATIONSHIP

SCENE 3 th (LONG DISTANCE RELATIONSHIP) A.  SMS-AN/ CHAT Cewe : Aku kangen nih sama kamu sayang. Huhu  Kapan ya...